Senin, 06 Oktober 2008

Backup

Kembali masuk bekerja setelah libur saya selalu terbayang masalah apa yang bakal saya temui.

Kali ini saya melihat bekas air di ruang kerja saya dan ruang server.
Rupanya saluran pembuangan air AC di ruang server buntu lagi (karena habis diperbaiki sebelum libur), sehingga air AC terus menetes di ruang server... masalah kecil... panggil petugas cleaning service untuk membersihkan... beres.

Saya menyalakan komputer sambil memeriksa kondisi seluruh server, ternyata benar apa yang saya kuatirkan... PC Gateway tidak bekerja... lampu hardisk menyala terus dan system operasi tidak bisa up, sehingga praktis semua user dalam jaringan LAN tidak akan bisa akses internet.
Tegang sebentar... lalu kemudian tenang kembali... UNTUNG saya sudah punya Backup PC Gateway, tinggal turunkan PC yang problem dan naikkan backup-nya... setup sebentar... jalan dech untuk sementara... sambil saya memperbaiki yang rusak.
Sebenarnya keberuntungan saya pagi itu adalah yang pertama karena saya selalu datang paling awal, sehingga saya punya kesempatan memperbaiki sebelum yang lain tahu ada masalah, dan yang kedua... backup.
Jadi benar apa yang disampaikan suhu...
"Keberuntungan adalah kombinasi dari kesempatan dan kesiapan".

Tidak ada komentar: